Bos Chery Tak Gentar Ketatnya Persaingan Lawan Merek Jepang
[ad_1]
Jakarta –
Chery memiliki rencana besar untuk masyarakat Indonesia. Pabrikan asal China ini sadar harus ekstra keras merebut pasar otomotif Indonesia, terutama mengambil pangsa pasar dari brand Jepang.
Penjualan Chery Group secara global meningkat sepanjang Januari-September 2024. Mereka mengklaim ada kenaikan 40 persen secara year on year dibandingkan tahun lalu. Chery Group berhasil menjual 1,75 juta unit di seluruh dunia.
Namun Chery masih perlu kerja keras lagi untuk mewujudkan mimpinya di Indonesia.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualannya terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Tapi memang belum bisa tembus 1.000 unit per bulannya.
Sepanjang tahun 2024 dari Januari-September, mobil Chery yang sudah terdisitribusi sebanyak 6.190 unit atau sekitar satu persen dari pasar.
Ada sinyal positif. Chery hampir menyentuh seribu unit pertama di Indonesia. Penjualan tertinggi Chery itu terjadi pada bulan Mei 2024 sebanyak 968 unit.
Chery berusaha meningkatkan kualitas dan teknologi mobilnya untuk bersaing di pasar internasional. Chery yang sekarang bukanlah yang dulu.
Chery bersama delapan pusat research and development utama di berbagai wilayah terus berinovasi. Merek ini sudah mengajukan lebih dari 26.000 paten serta memperoleh 16.245 paten hingga akhir 2023. Chery juga sudah mengekspansi bisnis lebih dari 80 negara dan menargetkan bisa memperluas hingga 114 negara.
![]() |
Di sisi lain Chery berfokus pada harga yang kompetitif dan fitur-fitur yang menarik, sering kali menawarkan lebih banyak teknologi dan desain modern pada harga yang lebih rendah dibandingkan merek Jepang. Di sisi lain, pabrikan Jepang memiliki pengalaman yang lebih lama dan jaringan layanan purnajual yang lebih mapan.
Sementara itu, pabrikan Jepang dikenal dengan reputasi dalam hal keandalan, inovasi, dan efisiensi.
Konsumen mendapat pilihan yang lebih beragam, dan masing-masing pabrikan berusaha untuk menonjol dengan kekuatan unik.
President Chery International Zhang Guibing mengatakan Chery sudah unggul dari Jepang.
“Kita masih perlu benar-benar masuk ke Indonesia secara mendalam. Kita harus benar-benar memahami kebutuhan pelanggan dan kondisi pabrik,” kata Zhang di Wuhu, China.
“Sekarang, Chery sedang melakukan hal itu. Namun di sisi lain, karena pada umumnya sebelumnya, di Indonesia, pelanggan lebih mempercayai merek Jepang.”
“Namun sebenarnya, dunia sedang berganti. Ketika konsumen melihat Chery, mereka (konsumen) berpikir sudah banyak produk baru.”
“Dari sisi teknologi baru, kami pikir, kami jauh lebih baik daripada merek Jepang.”
“Jadi, di satu sisi, Chery akan bekerja keras di Indonesia. Tapi di sisi lain, kami juga berpikir kami membutuhkan para jurnalis untuk memberikan informasi kepada konsumen. Untuk benar-benar memperkenalkan Chery yang sebenarnya kepada konsumen,” jelas dia.
(riar/rgr)
[ad_2]
Source link

Tinggalkan Balasan